Rabu, 18 Februari 2009

Tahap-tahap pengembangan sistem pakar



6 Fase pengembangan:
- Inisialisasi
inisialisasi adalah suatu proses untuk menyiapkan konfigurasi suatu komponen untuk dapat digunakan. fase-fasenya:
* identifikasi masalah
* tafsirtkan kebutuhan
* evaluasi soal alternatif
* verifikasi pendekatan sistem pakar
* studi kelayakan
* analisa biaya keuntungan
* pertimbangan manajemen
* pengorganisasian tim pengembangan
* capaian akhir
-Analisis dan desain sistem
Sub-fase :
*Desain dan rencana konsep
Memberikan gambaran kerja sistem dan
bagaimana sistem tersebut menyelesaikan
masalah
*3 Strategi pengembangan :
Pengembangan internal
Outsourcing
produk jadi
Pendekatan gabungan
*dualisme sumber
*pemilihan lingkungan pengembangan
*bahasa pemrograman
l *ingkungan hybrid
*menggunakan tool untuk domain tertentu

- Rapid prototyping dan demo prototype
* SDLC(software development life cycle)
metode waterfall. aktivitas waterfall :
  1. Requirements analysis and definition : Mengumpulkan kebutuhan secara lengkap kemudian kemudian dianalisis dan didefinisikan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh program yang akan dibangun.
  2. System and software design : Desain dikerjakan setelah kebutuhan selesai dikumpulkan secara lengkap.
  3. Implementation and unit testing : desain program diterjemahkan ke dalam kode-­kode dengan menggunakan bahasa pemrograman yang sudah ditentukan. Program yang dibangun langsung diuji.
  4. Integration and system testing : Penyatuan uni-t­unit program kemudian diuji secara keseluruhan (system testing).
  5. Operation and maintenance : mengoperasikan program dilingkungannya dan melakukan pemeliharaan, seperti penyesuaian atau perubahan karena adaptasi dengan situasi sebenarnya.
selain waterfall, metode yang biasa dijumpai adalah:
Agile
XP (Extreme Programming)
JAD (Joint Application Development)
LD (Lean Software Development)
RAD (Rapid Application Development)
SCRUM

- Pengembangan sistem
Beberapa aktivitas utama:
Pengembangan basis pengetahuan
Pembuatan antarmuka pengguna (user interface)
Tes dan evaluasi
Perencanaan integrasi sistem ke lingkungan kerja

-Implementasi
fase-fase dalam implementasi:
*Serah terima ke pengguna
Memastikan sistem diterima dan diterapkan oleh pengguna dalam operasi sehari-hari melalui demo sistem, orientasi, dan pelatihan
*Strategi pendekatan dan waktu
Integrasi ke proses bisnis dan prosedur operasi. Pemilihan waktu yang tepat.
*Dokumentasi dan mekanisme keamanan
Pentingnya dokumentasi dan pengamanan pengetahuan
*Integrasi dan tes lapangan

-Pasca implementasi
Beberapa pertanyaan yg harus dijawab:
*Bagaimanakah perbandingan antara biaya perawatan dengan keuntungan yg didapat?
* Apakah perawatan yg ada sudah cukup sehingga pengetahuannya ter-up to date dan
akurat?
*Apakah sistem dapat diakses oleh semua pengguna?
* Apakah penggunaan sistem meningkat?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar